Logo Bloomberg Technoz

China Mau Investasi Tekstil di RI, Pemain Lokal Sanggup Bersaing?

Pramesti Regita Cindy
25 June 2024 05:00

Aktivitas di Sebuah Pabrik Garmen di Guangzhou (Sumber: Bloomberg)
Aktivitas di Sebuah Pabrik Garmen di Guangzhou (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Pemerintah didesak menerapkan kebijakan yang menyetarakan medan kompetisi atau level of playing field di industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional sebelum mengizinkan perusahaan China mengucurkan investasi besar-besaran ke sektor tersebut di dalam negeri. 

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa mengatakan hal tersebut dibutuhkan agar industri pertekstilan lokal tetap terlindungi dan tidak kalah saing dengan masuknya raksasa manufaktur dunia di sektor tersebut.

"Kalau mereka [China] membuat industri di Indonesia, asal [pemerintah menerapkan] same playing field, kita harus bisa bersaing. [Isu] yang sekarang terjadi adalah masuknya pakaian jadi ke market Indonesia dengan harga yang sangat murah. [...] Sekarang [barang] yang banyak masuk ke market Indonesia adalah pakaian jadi sisa ekspor" kata Jemmy, dikutip Selasa (25/6/2024).

Meski begitu, Jemmy tidak memungkiri rencana investasi industri tekstil asal China ke Indonesia dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kapasitas industri TPT lokal.

"Kalau investasi tersebut terealisasi sangat bagus, karena dapat menyerap angkatan kerja yang tersedia ini sebagai dampak plusnya, dan juga kita bisa belajar dan mudah mudahan di sektor intermediate-nya bisa menyuplai material kain ke industri garmen tersebut," jelasnya. 

Ilustrasi pabrik tekstil./Bloomberg-Luke Dray