Logo Bloomberg Technoz

Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara yang vokal, mengatakan lebih banyak balon mungkin akan segera diterbangkan melintasi perbatasan setelah para aktivis di Korea Selatan menerbangkan balon ke Korea Utara bulan ini dan pemerintah Korea Selatan memulai siaran dengan pengeras suara di perbatasan yang mengarah ke utara.

Balon-balon yang dikirim oleh para aktivis biasanya berisi selebaran yang mengkritik keluarga Kim yang memerintah Korea Utara bersama dengan barang-barang seperti uang dolar AS, kantong beras, dan USB berisi musik K-pop untuk menarik perhatian warga Korea Utara agar mengambilnya.

Jutaan selebaran yang dikirim oleh aktivis Korea Selatan dan pembelot dari Korea Utara telah terbang melintasi perbatasan selama lebih dari satu dekade, membawa pesan-pesan kritis dan daya tarik tersebut.

Korea Utara telah menghindari mengirimkan barang-barang yang mungkin memberikan indikasi tentang kehidupan sehari-hari, kata Kementerian Unifikasi Korea Selatan. Sebagian besar isinya adalah barang-barang seperti kertas bekas serta pakaian yang dipotong-potong, tambahnya.

(bbn)

No more pages