Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Minta Semua Menteri Cermati Ekonomi, Termasuk Rupiah

Redaksi
24 June 2024 17:11

Presiden Jokowi saat Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024. (Youtube Setpres)
Presiden Jokowi saat Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024. (Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para pembantu presiden, baik menteri maupun kepala lembaga negara, untuk mencermati kondisi ekonomi global dan nasional, di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini.

Menurut Jokowi, stabilitas politik, stabilitas mata uang, dan peningkatan produktivitas itu merupakan tiga hal yang penting yang perlu diperhatikan.

"Saya ingin mengingatkan semua kementerian/lembaga agar betul-betul mencermati kondisi-kondisi global, kondisi ekonomi nasional," ujar Jokowi dalam Pengantar Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Senin (24/6/2024).

Kepala Negara menjelaskan dunia sedang berada dalam ketidakpastian yang tinggi, di tengah ekonomi global yang semakin sulit dan tak menentu. Selain itu, eskalasi geopolitik juga meningkat, terutama di Timur Tengah. 

Tak hanya itu, inflasi dunia juga meningkat, sementara depresiasi nilai tukar terus menekan ekonomi semua negara. Kendati demikian, Jokowi mengaku bersyukur dengan peringkat daya saing Indonesia yang diterbitkan IMD World Competitiveness Ranking naik ke rangking 27 pada tahun ini, dibanding semula 34 tahun lalu.