Logo Bloomberg Technoz

SYL Akui Ada THR dan Jam Mewah ke Ketua Komisi IV DPR

Redaksi
24 June 2024 16:40

Mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir saat konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) hadir saat konfrensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengakui adanya pemberian sejumlah uang dan jam mewah kepada pimpinan dan anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sumber uang THR dan jam tersebut berasal dari patungan para eselon Kementerian Pertanian (Kementan).

Dia mengatakan, pernah bersepakat untuk membelikan hadiah jam tangan kepada Ketua Komisi IV DPR, Sudin. Dia mengklaim, Kementan ingin memberikan apresiasi kepada politikus PDIP tersebut yang berjuang menggolkan pengajuan anggaran kementerian, terutama terkait pengadaan pupuk.

"[Usai rapat di DPR, SYL dan Sudin] kita sambil duduk, minum kopi, sepakat akan membelikan jam. Saya tak tahu berapa harga jamnya. Sepikiran saya paling harganya Rp20-30 juta saya, karena bukan rollex atau apa," kata SYL di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta, Senin (24/6/2024).

Belakangan, dia mengklaim, baru mengetahui jam tangan yang dipilih Sudin memiliki harganya mencapai ratusan juta rupiah. Dia juga membantah telah memberikan instruksi kepada pejabat kementan untuk menyerahkan uang Rp100 juta kepada Sudin.

Sebelumnya, mantan ajudan SYL dan pejabat Kementan mengatakan ada dua kali pemberian uang dan barang kepada Sudin. Pemberian pertama adalah jam mewah senilai ratusan juta. Sedangkan pemberian kedua adalah uang tunai yang diserahkan dalam rangka hadiah pernikahan anak Sudin.