Logo Bloomberg Technoz

Anggaran Makan Gratis Rp71 Triliun Masih Tahap Awal, Belum 100%

Azura Yumna Ramadani Purnama
24 June 2024 15:37

Konferensi Pers terkait Kondisi Fundamental Ekonomi Terkini dan RAPBN 2025. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)
Konferensi Pers terkait Kondisi Fundamental Ekonomi Terkini dan RAPBN 2025. (Bloomberg Technoz/Azura Yumna)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan memastikan anggaran program makan gratis senilai Rp71 triliun yang dialokasikan pada 2025 masih tahap awal dan belum mencapai 100% dari target sebenarnya. Pelaksanaan program akan berlangsung secara bertahap pada masa pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Hal ini disampaikan Anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan Thomas Djiwandono dalam Konferensi Pers Kondisi Fundamental Ekonomi Terkini dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 di Jakarta, Senin (24/6/2024). Acara ini juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. 

"Rp71 triliun buat kami adalah suatu angka yang sangat baik. Kami berkomitmen melakukan program unggulan Prabowo Subianto secara bertahap. Kuncinya bertahap. Tentu dengan prinsip belanja yang berkualitas," ujar Thomas.

Thomas mengatakan pihaknya berharap program makan gratis bisa terlaksana 100% dalam waktu singkat, tentu dengan mengutamakan prinsip postur fiskal yang hati-hati.

"Kami ingin mencapai target 100% secepat mungkin dengan postur fiskal menjadi prinsip utamanya," kata Thomas.