Logo Bloomberg Technoz

Lebih dari 1.300 Jemaah Haji Meninggal karena Panas Ekstrem

News
24 June 2024 14:40

Ilustrasi ibadah haji (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi ibadah haji (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz)

Christine Burke - Bloomberg News

Bloomberg, Arab Saudi melaporkan lebih dari 1.300 jemaah haji meninggal dunia selama pelaksanaan ibadah haji, dengan suhu mencapai level tertinggi dalam dua dekade.

Menurut kantor berita resmi Saudi, mayoritas korban jiwa adalah jemaah haji tidak resmi, yang tidak diizinkan untuk berpartisipasi dan berjalan jauh tanpa tempat berlindung yang memadai. Banyak yang meninggal adalah jemaah lanjut usia dan sakit kronis.

Kematian tersebut menjadi sorotan baru tentang ancaman dari dunia yang semakin panas dan risiko yang ditimbulkannya. Kematian terkait panas telah dilaporkan di India, kebakaran hutan memaksa evakuasi orang-orang di Yunani, beberapa bagian AS sedang berada di tengah gelombang panas, dan ada kekhawatiran bahwa kenaikan suhu dapat semakin membuat beberapa wilayah di Timur Tengah sulit dihuni.

Di Arab Saudi, suhu mencapai sekitar 52°C selama ibadah haji yang berakhir pada 18 Juni, level tertinggi yang tercatat selama haji dalam 20 tahun, menurut data dari Pusat Meteorologi Nasional Saudi. Lebih dari 1,8 juta jemaah haji berpartisipasi dalam haji tahun ini.