Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Blokir Anggaran K/L: Tak Pengaruhi Program Prioritas

Azura Yumna Ramadani Purnama
24 June 2024 12:28

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala KSSK I Tahun 2024. (Youtube Kemenekeu)
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala KSSK I Tahun 2024. (Youtube Kemenekeu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemblokiran sementara anggaran Kementerian/Lembaga (K/L) atau Automatic Adjustment dilakukan berdasarkan rekam jejak K/L yang hanya menggunakan anggaran sebesar 95%-96% dari total anggaran yang ditetapkan.

Sri Mulyani berharap, pemblokirkan sementara anggaran K/L sebesar 5% tersebut tak pengaruhi prioritas dari masing-masing K/L dalam menjalankan program yang telah dicanangkan.

Automatic Adjustment yang 5% selain ini itu berdasarkan track record K/L itu di 95%-96%, itu kami katakan 5% kami berharap berdasarkan evidence selama ini tidak mempengaruhi prioritas K/L,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Kantor Pusat DJP, Senin (24/6/2024).

Sri Mulyani menegaskan bahwa efisiensi belanja wajib dilakukan setiap K/L dengan berbagai mekanisme yang dilakukan, termasuk melalui Automatic Adjustment.

Ia mencontohkan, Kementerian PUPR melakukan pengadaan dan pembelian barang atau jasa dan ternyata nilai konstruksinya bisa lebih rendah dari yang diajukan, sehingga terdapat anggaran lebih yang dapat disimpan atau ditahan.