Logo Bloomberg Technoz

AS, Jepang & Korsel Kecam Keras Kerja Sama Militer Rusia-Korut

News
24 June 2024 12:40

Vladimir Putin dan Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)
Vladimir Putin dan Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) bersama sekutunya, Jepang dan Korea Selatan (Korsel), mengecam “sekeras-kerasnya” kerja sama militer yang semakin dalam antara Rusia dan Korea Utara (Korut). Mereka menyebutnya sebagai keprihatinan serius dan ancaman bagi stabilitas.

Para diplomat tinggi dari ketiga negara tersebut membahas kesepakatan antara Vladimir Putin dan Kim Jong Un pekan lalu untuk saling membantu jika terjadi serangan, menurut pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri AS. Pakta tersebut dibuat selama kunjungan pertama presiden Rusia ke Korea Utara dalam 24 tahun.

AS dan sekutu-sekutunya di Asia mengatakan bahwa mereka melihat kunjungan tersebut sebagai langkah untuk memfasilitasi transfer amunisi dari rezim Kim guna membantu Putin dalam perangnya di Ukraina.

Kerjasama tersebut "harus menjadi perhatian serius bagi siapa pun yang berkepentingan dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea, menegakkan rezim non-proliferasi global, dan mendukung rakyat Ukraina dalam mempertahankan kebebasan dan kemerdekaan mereka melawan agresi brutal Rusia," demikian pernyataan bersama itu.