Logo Bloomberg Technoz

Starlink Layani Telepon Satelit Tanpa Operator, Kominfo Menjawab

Redaksi
24 June 2024 11:21

Starlink.
Starlink.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kominfo menegaskan bahwa layanan internet Starlink di Indonesia tidak akan merambah telepon yang bisa langsung terhubung ke satelit.

Menurut Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo Ismail layanan direct to cell tidak serta merta dapat diberikan kepada Starlink saat ini.

“Mengingat belum ada regulasi yang mengatur penyelenggaraannya dan berpotensi interferensi dengan frekuensi jaringan seluler yang eksklusif digunakan oleh para operator seluler,” kata dia dikutip dari keterangan resmi, Senin (24/6/2024).

Layanan telepon langsung berarti tanpa perantara operator seluler. Hal yang sempat menjadi perhatian manajemen PT Telkom dalam sebuah rapat dengan anggota DPR RI.

Dihadapan Komisi VI DPR, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menyatakan direct to cell Starlink akan dikembangkan di Indonesia. Hal ini berpotensi mengancam layanan seluler. Hanya tunggu waktu layanan ini masuk karena di Amerika Serikat (AS) tengah diuji coba.