Logo Bloomberg Technoz

Tim Ekonomi Prabowo: Rasio Utang 50% dari PDB Itu Tak Mungkin

Azura Yumna Ramadani Purnama
24 June 2024 10:17

Thomas Djiwandono. (Tangkapan Layar via gerindra.id)
Thomas Djiwandono. (Tangkapan Layar via gerindra.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto memastikan bahwa pihaknya tak mungkin membiarkan rasio utang mencapai 50% terhadap produk domestik bruto (PDB) seperti yang diberitakan sebelumnya.

Hal ini ditegaskan oleh Anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan Thomas Djiwandono dalam Konferensi Pers Kondisi Fundamental Ekonomi Terkini dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 di Jakarta, Senin (24/6/2024). Konferensi pers ini juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Terkait rasio utang terhadap PDB yang mungkin pernah dikatakan sudah kami rencanakan di atas 50% dan sebagainya itu tidak mungkin," kata Thomas.

Intinya, Thomas menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen memenuhi target-target yang direncanakan pemerintah dan telah disepakati oleh DPR RI dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2025 nanti. 

"Intinya kami berkomitmen mengenai target-target yang akan direncanakan pemerintah kini dan telah disepakati oleh DPR nanti," ujar Thomas.