Logo Bloomberg Technoz

Airlangga: Anggaran Makan Gratis Prabowo Rp71 Triliun pada 2025

Azura Yumna Ramadani Purnama
24 June 2024 09:51

Menko Perekonomian & Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) Airlangga Hartarto saat Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024. (Youtube Setpres)
Menko Perekonomian & Ketua Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) Airlangga Hartarto saat Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2024. (Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan pemerintah mengalokasikan anggaran makan gratis yang menjadi program andalan Presiden Terpilih Prabowo Subianto mencapai Rp71 triliun dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2025.

Hal ini disampaikan Airlangga dalam Konferensi Pers Kondisi Fundamental Ekonomi Terkini dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 di Jakarta, Senin (24/6/2024).

Menurut Airlangga, rencana alokasi anggaran ini telah diketahui oleh tim ekonomi Prabowo Subianto setelah pertemuan bersama antara pihak pemerintah yang diwakili dirinya dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan yang dipimpin Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

"Pada prinsipnya beliau telah memahami dan menyetujui hal yang kemairn dibahas dalam rapat, termasuk terkait hubungan program unggulan, salah satunya program bergizi gratis, yang sudah dialokasikan dalam anggaran RAPBN 2025 sekitar Rp71 triliun," ujar Airlangga.

Airlangga menyampaikan terdapat pula skala prioritas dan hal teknis lain yang akan dirancang oleh pemerintah. Dalam rapat tersebut, kedua pihak juga sepakat dengan besaran makro yang sedang dalam pembahasan RAPBN 2025 di DPR.