Logo Bloomberg Technoz

Tren Mobil 2024 Pilihan Warga RI: Soal Harga atau Teknologi?

Pramesti Regita Cindy
24 June 2024 10:35

Haval H6 dipamerkan dalam ajang GIIAS di ICE BSD City, Kamis (10/8/2023). (Bloomberg Tehcnoz/ Andrean Kristianto)
Haval H6 dipamerkan dalam ajang GIIAS di ICE BSD City, Kamis (10/8/2023). (Bloomberg Tehcnoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta Pengamat otomotif sekaligus akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu menilai, pada 2024, industri otomotif terutama mobil di Indonesia menghadapi tren pergeseran preferensi konsumen yang menarik. 

Menurutnya, masyakarat kelas menengah kini tidak lagi sekadar mencari mobil yang berdasarkan kriteria fungsional saja, tetapi juga menginginkan mobil yang lebih bergaya atau stylish, canggih, ramah lingkungan, dan harga terjangkau.

"SUV [sports utility vehicle] dan MPV [multipurpose vehicle] tetap menjadi primadona dengan fleksibilitas dan kenyamanannya. [Namun,] Tten SUV kini beralih ke SUV compact dan medium SUV yang lebih terjangkau dan hemat bahan bakar," ujar Yannes kepada Bloomberg Technoz, dikutip Senin (24/6/2024).

SUV merupakan salah satu jenis mobil yang dibangun dalam kerangka truk ringan. SUV dibuat dengan menggabungkan konsep antara jenis mobil jip, sedan, dan mobil pikap. Sementara itu, MPV merupakan salah satu kendaraan yang memiliki fungsi utama yaitu mengangkut penumpang maupun barang.

Berbeda dengan mobil SUV, MPV merupakan kendaraan yang lebih cenderung memiliki klasifikasi sebagai minibus atau bus kecil.

SUV Cadillac Escalade V di North American International Auto Show 2023 di Detroit, Michigan, AS, Rabu (13/9/2023). (Nic Antaya/Bloomberg)