Logo Bloomberg Technoz

PDN Diduga Kena Ransomware, Faktor Keamanan Sudah Sampai Mana?

Redaksi
24 June 2024 09:15

Ilustrasi Hacker (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Hacker (Dennis A. Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Server pusat data nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebabkan gangguan layanan publik, termasuk keimigrasian sejak Kamis pagi, pekan lalu. Serangan ransomware diduga menjadi penyebab gangguan server PDN. Faktor keamanan kini menjadi tanda tanya besar.

PDN merupakan sistem penyimpanan dan pengolahan data terpusat yang kemudian digunakan oleh instansi pemerintah pusat dan daerah. Tercatat telah ada 43 kementerian lembaga, 9 Provinsi, 86 Kabupaten dan 24 Kota, yang menggunakan layanan Cloud PDN.

Layanan cloud inilah yang diduga menjadi titik lemah serangan ransomware, menurut praktisi keamanan teknologi informasi dari Vaksincom, Alfons Tanujaya.

“Kemampuan administrator cloud-nya yah perlu dipertanyakan. Kok ribuan VM (virtual machine) bisa sampai diserang dan lumpuh?” tegas Alfons saat berbincang di Jakarta, Senin (24/6/2024).

Demi meminimalisir celah keamanan sistem di server PDN pemerintah harusnya bisa menggandeng penyelenggara cloud lokal profesional, ketimbang tetap mengandalkan sumber daya internal namun terbukti banyak celah.