Logo Bloomberg Technoz

Asurion, sebuah perusahaan AS yang menyediakan layanan asuransi telepon dan menjalankan sekitar 700 toko reparasi ponsel pintar. 

Dari hasil pengamatan, hampir 15% lebih banyak masalah terkait baterai selama rekor musim panas tahun lalu dibandingkan dengan sisa tahun 2023. Saat musim panas ini semakin panas.

Berikut cara menjaga ponsel cerdas tetap sejuk dari suhu gelombang panas.

  • Jauhkan ponsel dari sinar matahari langsung atau di tempat lain yang panasnya mungkin lebih besar (seperti dasbor mobil).
  • Hindari penggunaan telepon yang intensif. Semakin sedikit prosesor ponsel yang harus dijalankan, semakin mudah perangkat tersebut tetap dingin. Untuk meminimalkan aktivitas latar belakang, coba gunakan Mode Pesawat. 
  • Lepaskan casing ponsel Anda. Jika Anda tidak ingin melepas ponsel Anda, ada juga casing ponsel yang dirancang untuk menghasilkan pembuangan panas yang lebih baik dengan menggunakan bahan yang dapat menyerap keringat dan meningkatkan aliran udara. 
  • Isi daya ponsel Anda di lingkungan yang lebih sejuk. Pengisian daya itu sendiri menghasilkan panas, jadi usahakan untuk menghindarinya saat ponsel Anda sudah panas. Jika Anda harus mengisi daya, jangan gunakan ponsel saat sedang mengisi daya. 
  • Biarkan ponsel yang terlalu panas menjadi dingin secara bertahap. 

Ponsel cerdas Anda tidak menyukai panas, tetapi juga tidak menyukai fluktuasi suhu yang ekstrem. Memasukkan ponsel ke dalam lemari es untuk mendinginkannya, misalnya, bisa sama berbahayanya dengan membiarkannya menjadi terlalu panas. 

(dec/dhf)

No more pages