Logo Bloomberg Technoz

Cegah Flu Burung, Kemenkes Imbau Hindari Konsumsi Unggas Sakit

Dinda Decembria
22 June 2024 11:00

Ilustrasi Flu Burung (Envato/YuriArcursPeopleimages)
Ilustrasi Flu Burung (Envato/YuriArcursPeopleimages)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Farchanny Tri Adryanto mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai upaya antisipasi penularan flu burung pada manusia. 

Bagi mereka yang sering bersentuhan dengan unggas, ia menyarankan untuk selalu cuci tangan menggunakan sabun setelah berkontak dengan unggas.

“Tidak mengonsumsi unggas dan mamalia yang sakit, menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang memadai pada saat kontak dengan unggas atau hewan mamalia sakit atau mati mendadak,” pesan Farchanny dikutip dari rilis Kemenkes, Sabtu (22/6/2024).

“Kemudian melaporkan kepada dinas peternakan setempat bila ada kematian unggas atau hewan mamalia secara mendadak dan dalam jumlah yang banyak di lingkungannya," tambahnya

Penularan penyakit flu burung pada manusia dapat melalui kontak langsung dengan unggas atau binatang lain yang sakit atau produk unggas yang sakit karena infeksi H5N.