Logo Bloomberg Technoz

Tegang soal Perang Gaza, AS Kecewa Usai Dikritik Netanyahu

Redaksi
22 June 2024 10:30

Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)
Joe Biden dan Benjamin Netanyahu (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gedung Putih menyatakan kekecewaan mendalam atas kritik dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kepada Amerika Serikat di tengah ketegangan antara kedua negara sekutu tersebut atas perang Israel di Gaza.

Tanggapan Gedung Putih ini muncul ketika penasihat keamanan nasional Jake Sullivan mengadakan pertemuan dengan dua ajudan utama Netanyahu untuk membahas konflik Gaza dan isu-isu lainnya. Pembicaraan serupa juga diperkirakan akan dilakukan antara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan pihak Israel.

Netanyahu mengeluarkan sebuah video berbahasa Inggris di mana dia mengatakan Blinken telah meyakinkannya bahwa pemerintahan Biden sedang bekerja untuk mencabut pembatasan pengiriman senjata ke Israel, sebuah pertukaran yang ditolak oleh diplomat tertinggi AS untuk dikonfirmasi.

Dalam sebuah percakapan diplomatik yang biasanya bersifat pribadi, Netanyahu juga mengatakan bahwa ia mengatakan kepada Blinken bahwa "tidak dapat dibayangkan" bahwa dalam beberapa bulan terakhir Washington menahan senjata dan amunisi ke Israel.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby, menanggapi komentar tersebut dalam sebuah konferensi pers dengan para wartawan, dan mengatakan bahwa AS telah secara langsung menyatakan ketidaksenangannya kepada Israel.