Logo Bloomberg Technoz

Multifinance Roda Empat Dihantui 3 Tantangan Besar

Redaksi
21 June 2024 19:50

Ilustrasi kendaraan roda empat. (Bloomberg-Dadang Tri)
Ilustrasi kendaraan roda empat. (Bloomberg-Dadang Tri)

Bloomberg Technoz, Bandung - Bisnis multifinance yang focus pada kendaraan mengalami tantangan besar pada Semester I-2024, akibat pelambatan penjualan kendaraan hingga kenaikan suku bunga perbankan.

Agus Suprayitno, Presiden Direktur Toyota Astra Financial Services (TAF) mengatakan ada tiga tantangan yang dihadapi multifinance pembiayaan roda empat pada semester I-2024. Pertama penjualan otomotif secara ritel pada semester I-2024 masih turun 11%.

"Kedua adalah kenaikan NPF (net performing financing/NPF) jadi kualitas dari customer ada penurunan," ujarnya, dalam media gathering Astra Financial di Bandung, hari ini.

Ada pun yang ketiga, multifinance saat ini kesulitan untuk mencari sumber pendanaan yang agak murah. "Industri otomotif sedang turun sehingga kami sekarang mencari growth di pembiayaan multiguna," ujarnya.

TAF merupakan salah satu anak usaha Astra International dalam bidang pembiayaan kendaraan roda empat, khususnya merk Toyota, Daihatsu dan Lexus. Meski industri otomotif melambat, TAF tetap mencatatkan kenaikan asset menjadi Rp36,3 triliun pada akhir kuartal I-2024, dibandinkan 2023 yang teratat Rp34,7 triliun.