Logo Bloomberg Technoz

Pimpinan KPK Pertanyakan Jabatan Eselon II Diisi Anggota Polisi

Muhammad Fikri
21 June 2024 21:00

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata memberikan keterangan pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (13/10/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata memberikan keterangan pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (13/10/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata menyatakan juga mempertanyakan banyaknya jabatan eselon II pada lembaga antirasuah tersebut yang diisi anggota kepolisian. Padahal, kata dia, assesment atau seleksi untuk tiap jabatan tersebut diikuti banyak calon dari beberapa lembaga negara lainnya.

“Semuanya gagal di assessment, dan aspek yang membuat mereka gagal terkait dengan integritas, saya sampai tepuk jidat itu” kata Alexander di Sadjoe Cafe, Jumat (21/6/2024).

Dia mengklaim hanya mendapat penjelasan dari penyelenggara seleksi bahwa para calon lainnya memang tak lolos assesment. Hal ini terutama pada saat tes tentang integritas.

Bahkan, kata Alexander, pernah ada 15 mantan rekannya di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang ikut seleksi beberapa jabatan esselon II di KPK. Seluruh nama tersebut dinyatakan gugur karena dianggap bermasalah dari sisi integritas.

Padahal, menurut dia, BPKP sebenarnya telah memiliki sistem yang minim potensi tindak pidana korupsi. Para pejabat BPKP tak memiliki ruang untuk melakukan korupsi karena tak terlibat pada proses audit.