Logo Bloomberg Technoz

Terungkap, Puluhan Juta Kata Sandi Bisa Diretas dalam Satu Menit

Redaksi
21 June 2024 18:20

Ilustrasi kejahatan siber berupa peretasan sistem. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi kejahatan siber berupa peretasan sistem. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para ahli memperingatkan bahwa hampir separuh dari kata sandi di dunia dapat diretas dalam waktu kurang dari satu menit.

Para analis dan ahli di perusahaan Rusia, Kaspersky Lab, melakukan penelitian terperinci yang mengandalkan 193 juta kata sandi yang dapat diakses publik untuk melawan pembajakan.

"Kaspersky Lab menganalisis 193 juta kata sandi yang tersedia untuk umum di sumber daya web gelap, dan menemukan bahwa hampir setengahnya (45% atau 87 juta) dapat dibobol dalam waktu kurang dari satu menit," ujarnya sebagaimana dikutip laman Kaspersky Lab, Jumat (21/6/2024).

Mereka menegaskan bahwa sebagian besar kata sandi yang dianalisis dapat dengan mudah diretas menggunakan algoritme pintar. Hasilnya, mengidentifikasi 14% dari mereka (27 juta) tidak akan membutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk diretas, dan 8% (15 juta), tidak lebih dari satu hari.

Para ahli menambahkan bahwa "hanya 23% atau 44 juta grup, yang cukup kuat, dan akan membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk memecahkannya."