Logo Bloomberg Technoz

“Misalnya PT Bukit Asam Tbk [PTBA] kan lebih banyak menjual dalam negeri daripada ekspor,” ujarnya.

Sekadar catatan, penjualan batu bara PTBA mencapai 9,7 juta ton pada triwulan I-2024 atau meningkat 10% dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Realisasi domestic market obligation (DMO) batu bara tercatat sebesar 5,9 juta ton atau tumbuh 14% secara tahunan. Adapun, penjualan ekspor sebesar 3,8 juta ton atau naik 4% secara tahunan.

Rupiah dibuka di level Rp16.475/US$ pada pembukaan perdagangan hari terakhir pekan ini, Jumat (21/6/2024), tertekan sentimen global yang kembali memburuk.

Level pembukaan rupiah itu menjadi nilai rupiah terlemah baru setidaknya sejak 2 April 2020 silam. Rupiah terperosok akibat kebangkitan lagi indeks dolar Amerika yang pagi ini terpantau naik ke 105,61.

Pelemahan rupiah pada pembukaan pasar hari ini menjadi yang terdalam kedua setelah won Korea yang tergerus 0,4%. Rupiah melemah 0,28% disusul di belakangnya adalah rupee India yang makin memecah rekor terlemah sepanjang masa, tergerus 0,23% pagi ini.

Ringgit dan peso juga melemah 0,11%. Sementara dolar Singapura dan yuan offshore masih menguat, dan dolar Hong Kong, sedangkan dong Vietnam stabil.

(dov/wdh)

No more pages