Logo Bloomberg Technoz

10 Tahun Pemerintahan Jokowi, Rupiah Ambles Nyaris 40%

Tim Riset Bloomberg Technoz
21 June 2024 16:15

Presiden Jokowi. (Dok: Bloomberg)
Presiden Jokowi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari, Jumat (21/6/2024), Presiden Joko Widodo merayakan ulang tahun ke-63. Ultah Jokowi tahun ini adalah yang terakhir dirayakan dengan status sebagai presiden.

Beberapa tokoh terpantau mengucapkan selamat pada pria yang mengawali karir sebagai pengusaha mebel itu. Presiden terpilih Prabowo Subianto memberi ucapan selamat dan doa di akun resmi instagramnya.

Begitu juga Anies Baswedan, calon presiden yang sempat berlaga dalam Pilpres Februari lalu, juga memberi ucapan selamat pada Jokowi melalui akun twitter resminya. 

Ultah Jokowi tahun ini menjadi spesial bukan hanya karena menjadi ultah terakhirnya sebagai Presiden RI yang sudah berkuasa selama 10 tahun atau dua periode. Lebih dari itu, ultah Jokowi tahun ini juga berlangsung di tengah kejatuhan nilai tukar rupiah yang semakin parah.

Di pasar spot sampai jelang penutupan pasar hari ini, rupiah masih terbenam di kisaran Rp16.450/US$, terlemah sejak awal April 2020 lalu. Pada pagi tadi rupiah sempat menyentuh Rp16.475/US$ sebelum akhirnya terangkat oleh intervensi Bank Indonesia.