Logo Bloomberg Technoz

Investasi Baru SoftBank: Ciptakan AI 'Super'

News
21 June 2024 16:00

Masayoshi Son, chairman and chief executive officer SoftBank Group Corp. (Dok: Bloomberg)
Masayoshi Son, chairman and chief executive officer SoftBank Group Corp. (Dok: Bloomberg)

Min Jeong Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Pendiri SoftBank Group Corp, Masayoshi Son, kembali, kali ini dengan rencana untuk mewujudkan era kecerdasan super buatan.

Son mengutarakan ambisinya untuk membantu menciptakan kecerdasan buatan (AI) yang ribuan kali lebih pintar daripada manusia. Dia membuat pernyataan paling muluk sejak konglomerat Jepang itu mulai mengambil langkah untuk menopang keuangannya setelah serangkaian taruhan startup yang tidak tepat waktu.

Son, yang terdengar lebih bersemangat dan lebih reflektif dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, berbicara pada Jumat (21/6/2024) tentang masa depan ketika cip Arm Holdings Plc mendukung ekosistem robot yang berkembang dan pusat data yang kuat yang secara kolektif dapat menyembuhkan kanker, membersihkan rumah, dan bermain dengan anak-anak.

Son, yang terkadang terlihat diliputi emosi, berbicara tentang bagaimana ia ingin mengubah dunia sebelum ia meninggalkannya untuk selamanya. Pria berusia 66 tahun ini menyebut nama mendiang temannya, Steve Jobs, dan mengatakan bahwa percakapan mereka yang sering terjadi sering membuatnya menangis ketika ia menyadari bahwa warisannya akan kalah dibandingkan dengan salah satu pendiri Apple Inc tersebut.