Logo Bloomberg Technoz

Berunding dengan AS, China Tak Akan Serang Taiwan dengan Nuklir

Redaksi
21 June 2024 15:50

Bendera China dan Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Bendera China dan Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Amerika Serikat (AS) dan China melakukan perundingan semi-resmi tentang senjata nuklir pada Maret untuk pertama kalinya dalam lima tahun. Dua delegasi AS yang hadir menyatakan bahwa perwakilan Beijing memberi tahu rekan-rekannya bahwa mereka tidak akan mengancam Taiwan dengan nuklir.

Melansir Reuters, Jumat (21/6/2024), perwakilan China memberikan jaminan setelah lawan bicara mereka menyatakan kekhawatiran bahwa Beijing mungkin menggunakan senjata nuklir atau mengancam akan menggunakannya jika mereka kalah dalam konflik dengan Taiwan.

Pemerintah Taipei menolak klaim Beijing bahwa pulau yang diperintah secara demokratis itu adalah wilayahnya.

“Mereka mengatakan kepada pihak AS bahwa mereka benar-benar yakin bahwa mereka mampu menang dalam pertarungan konvensional atas Taiwan tanpa menggunakan senjata nuklir,” kata pakar David Santoro, penyelenggara perundingan Jalur Dua di AS, yang rinciannya dilaporkan Reuters untuk pertama kalinya.

Peserta pembicaraan Jalur Dua biasanya adalah mantan akademisi dan pejabat yang dapat berbicara dengan otoritas tentang posisi mereka dalam pemerintah, meskipun mereka tidak terlibat secara langsung dalam pembuatan pemerintahan. Negosiasi antarpemerintah disebut Track One.