Logo Bloomberg Technoz

Negara-negara demokrasi Barat semakin khawatir dengan kelebihan produksi barang-barang penting di China. Mereka melihatnya sebagai upaya untuk mendominasi rantai pasokan dan melemahkan industri mereka sendiri. Kendaraan listrik bertenaga baterai telah menjadi target utama karena perusahaan-perusahaan China seperti BYD Co bergerak secara agresif ke pasar global.

Sebelumnya pada Kamis (20/6/2024), Perdana Menteri Ontario Doug Ford menuduh China memanfaatkan standar tenaga kerja yang rendah dan energi kotor untuk membuat mobil listrik yang murah. 

Dia meminta pemerintah Trudeau untuk setidaknya menyamai tarif Biden. "Kecuali kita bertindak cepat, kita mempertaruhkan pekerjaan Ontario dan Kanada," katanya di platform media sosial X.

Nilai kendaraan listrik China yang diimpor oleh Kanada melonjak menjadi C$2,2 miliar (US$1,6 miliar) tahun lalu, dari kurang dari C$100 juta pada tahun 2022, menurut data dari Statistik Kanada.

Jumlah mobil yang tiba dari China di pelabuhan Vancouver melonjak lebih dari lima kali lipat setelah Tesla Inc mulai mengirimkan kendaraan Model Y ke sana dari pabriknya di Shanghai.

Namun, kekhawatiran utama pemerintah Kanada bukanlah Tesla, melainkan prospek mobil murah yang dibuat oleh produsen mobil China yang pada akhirnya membanjiri pasar.

Secara terbuka, Trudeau dan para menteri kabinetnya mengatakan bahwa mereka memantau apa yang dilakukan negara-negara lain, tetapi belum berkomitmen untuk menerapkan tarif baru.

Perdana Menteri mengatakan kepada wartawan pada Kamis bahwa ia melakukan "pembicaraan yang signifikan" tentang produksi China pada pertemuan puncak para pemimpin G7 di Italia minggu lalu.

Juru bicara Menteri Keuangan Chrystia Freeland mengatakan Kanada "secara aktif mempertimbangkan langkah selanjutnya untuk melawan kelebihan pasokan China," tetapi tidak menyebutkan apakah tarif sedang dipersiapkan.

"China memiliki kebijakan kelebihan kapasitas yang disengaja dan diarahkan oleh negara," ujar Katherine Cuplinskas, sekretaris pers Freeland, dalam sebuah email. "Melindungi pekerjaan, manufaktur, dan hubungan perdagangan bebas Kanada sangatlah penting."

Kelompok-kelompok industri otomotif Kanada telah meminta Kanada untuk memberlakukan tarif yang ketat. Mereka telah memperingatkan bahwa Kanada tidak boleh offside dengan AS dalam masalah ini, mengingat peninjauan kembali perjanjian perdagangan bebas Amerika Serikat-Meksiko-Kanada yang akan datang.

AS dan Kanada memiliki rantai pasokan mobil yang terintegrasi erat, dengan suku cadang dan kendaraan jadi yang mengalir melintasi perbatasan dalam jumlah besar. Sebagian besar produksi mobil Kanada diekspor ke AS.

Namun, Trudeau telah bergerak dengan hati-hati, mengingat kemungkinan pembalasan perdagangan China. Beberapa kelompok lingkungan berpendapat bahwa yang paling penting adalah menjaga biaya kendaraan listrik tetap rendah untuk mendorong adopsi konsumen yang lebih tinggi.

Pemerintahan Trudeau dan pemerintahan Doug Ford di Ontario telah berjanji untuk menggelontorkan miliaran dolar untuk membangun industri kendaraan listrik dalam negeri, mulai dari menambang mineral-mineral penting untuk baterai hingga merakit mobil dan truk ringan.

Hal ini termasuk subsidi miliaran dolar untuk pabrik-pabrik baru yang diusulkan oleh Volkswagen AG, pemilik Chrysler, Stellantis NV, dan Honda Motor Co.

(bbn)

No more pages