Logo Bloomberg Technoz

Ikut AS-Uni Eropa, Kanada Siapkan Tarif untuk Mobil Listrik China

News
21 June 2024 15:20

Industri mobil listrik China. (Dok: Bloomberg)
Industri mobil listrik China. (Dok: Bloomberg)

Brian Platt - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Perdana Menteri Justin Trudeau sedang mempersiapkan potensi tarif baru untuk kendaraan listrik buatan China. Hal ini dilakukan untuk menyelaraskan dengan tindakan yang diambil oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Menurut para pejabat yang berbicara dengan syarat tidak disebutkan namanya, pemerintah masih harus membuat keputusan akhir tentang bagaimana langkah selanjutnya. Namun, kemungkinan pemerintah akan segera mengumumkan dimulainya konsultasi publik tentang tarif yang akan memukul ekspor kendaraan listrik China ke Kanada.

Trudeau berada di bawah tekanan yang meningkat di dalam dan luar negeri untuk mengikuti jejak pemerintahan Presiden AS Joe Biden. Biden mengumumkan pada Mei sebuah rencana untuk melipatgandakan tarif hampir empat kali lipat untuk kendaraan listrik buatan China, hingga tingkat akhir 102,5%.

Uni Eropa mengatakan minggu lalu bahwa mereka berencana untuk meningkatkan tarif pada EV China, mengambil pungutan setinggi 48% pada beberapa kendaraan.