Logo Bloomberg Technoz

Di Tengah Gempuran Wuling-Chery, Mobil Eropa Ini Laris di RI

Pramesti Regita Cindy
21 June 2024 11:50

Peluncuran generasi ketiga BMW X1 di Jakarta, Jumat (28/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Peluncuran generasi ketiga BMW X1 di Jakarta, Jumat (28/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta Di tengah sentimen pasar dan lesunya penjualan mobil di Eropa, nyatanya di Indonesia sejumlah mobil pabrikan asal Benua Biru masih jadi salah satu yang diminati meski tak sekuat penjualan mobil-mobil asal Jepang maupun China.

Berdasarkan rilis data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per Mei 2024, Morris Garage dan BMW menjadi mobil Eropa tertinggi yang memimpin penjual di tingkat pabrikan ke dealer (wholesales) dengan masing-masing total 438 dan 400 unit.

Hal ini juga dibuktikan dengan Morris Garage yang memimpin penjualan tertinggi secara wholesales untuk merek mobilnya di segmen model mobil 4x2 yakni Morris Garage tipe 4 EV Magnify CKD sebesar 330 unit, naik 121 unit dibandingkan April 2024. 

BMW i4 di showroom di Berlin. Fotografer: Krisztian Bocsi/Bloomberg

Selain itu, pada segmen model mobil sedan, BMW masih tetap diunggulkan melalui merek tipe 330i CKD B7 AT sebanyak 62 unit, dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya menjual 14 unit.

Untuk diketahui, pasar penjualan mobil Eropa khususnya bagi mobil listrik kini tengah menghadapi tekanan dengan menguatnya EV (electric vehicles) berharga miring asal China yang masuk ke kawasan tersebut.