Logo Bloomberg Technoz

BI Intervensi Rupiah, Lelang SRBI Mungkin Beri Bunga Tinggi

Mis Fransiska Dewi
21 June 2024 10:10

Bank Indonesia (Dok. Istimewa)
Bank Indonesia (Dok. Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia masuk ke pasar mengintervensi pelemahan rupiah pada pembukaan pasar hari ini, Jumat (21/6/2024) sehingga rupiah mampu menjauhi level support psikologis baru.

Rupiah spot yang sempat dibuka di Rp16.475/US$ tadi pagi, saat ini bergerak sedikit ke Rp16.455/US$ pada pukul 09:59 WIB. Level itu masih yang terlemah sejak April 2020 dan lebih buruk dibanding posisi penutupan pasar Kamis kemarin.

Direktur Eksekutif Pengelolaan Moneter dan Aset Sekuritas Bank Indonesia Edi Susianto mengatakan pada Bloomberg Technoz, Bank Indonesia terus mengawal rupiah dengan tetap berada di pasar melalui triple intervention yakni intervensi di pasar spot, di pasar forward domestik (DNDF) juga di pasar surat berharga negara (SBN). 

"Kami tentu terus mengawal dengan tetap berada di pasar melalui triple intervention untuk menjaga market confidence," kata Edi pada Bloomberg Technoz pagi ini.

Rupiah menjadi valuta Asia dengan pelemahan terdalam keempat saat ini di belakang won Korea yang tergerus 0,39%, rupee India 0,23%, lalu ringgit 0,17% baru ada rupiah 0,16% dan peso 0,1%. Indeks dolar AS merangkak naik pagi ini di kisaran 105,66.