Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Dibuka Makin Ambles di Rp16.475/US$, Rekor Terlemah Baru

Tim Riset Bloomberg Technoz
21 June 2024 09:09

Ilustrasi dolar AS dan rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi dolar AS dan rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rupiah dibuka di level Rp16.475/US$ pada pembukaan perdagangan hari terakhir pekan ini, Jumat (21/6/2024), tertekan sentimen global yang kembali memburuk.

Level pembukaan rupiah itu menjadi nilai rupiah terlemah baru setidaknya sejak 2 April 2020 silam. Rupiah terperosok akibat kebangkitan lagi indeks dolar Amerika yang pagi ini terpantau naik ke 105,61.

Pelemahan rupiah pada pembukaan pasar hari ini menjadi yang terdalam kedua setelah won Korea yang tergerus 0,4%. Rupiah melemah 0,28% disusul di belakangnya adalah rupee India yang semakin memecah rekor terlemah sepanjang masa, tergerus 0,23% pagi ini.

Ringgit dan peso juga melemah 0,11%. Sementara dolar Singapura dan yuan offshore masih menguat, dan dolar Hong Kong. Sedangkan dong Vietnam stabil.

Sinyal pelemahan lebih lanjut rupiah sudah terlihat dari pasar offshore di mana kurs NonDeliverable Forward (NDF) tadi malam di mana NDF rupiah memecahkan rekor tertinggi dalam lebih dari empat tahun di semua tenor pada penutupan bursa New York semalam.