Logo Bloomberg Technoz

IHSG Berpotensi Menguat, Terdorong Sentimen Suku Bunga

Muhammad Julian Fadli
21 June 2024 08:50

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Iman Rachman. melihat papan perdagangan IHSG. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Iman Rachman. melihat papan perdagangan IHSG. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat 21 Juni 2024, berpotensi melanjutkan tren penguatan, bersamaan dengan sejumlah katalis yang jadi pendukung. Termasuk sentimen rilis data ekonomi terbaru di Amerika Serikat  dan juga hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia edisi Juni, yang mempertahankan BI-Rate di level 6,25%.

Adapun pada perdagangan kemarin pada Kamis 20 Juni, IHSG menguat 92,4 poin, atau melesat 1,37% dan menutup perdagangan pada level 6.819.

Analisis Teknikal IHSG Jumat 21 Juni 2024 (Riset Bloomberg Technoz)

Secara teknikal IHSG berpotensi lanjut menguat menuju resistance pada trendline terdekat ke level 6.850. Setelah perdagangan sebelumnya, IHSG berhasil bertahan di support kuatnya, dan juga rebound pada time frame daily, dari level 6.740.

Sedangkan untuk support terdekat saat ini pada level 6.770. Adapun untuk resistance kuat selanjutnya yang menarik dicermati adalah 6.880. Hingga resistance potensial di 6.900.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global dan dalam negeri. Data terbaru dari Amerika Serikat menggarisbawahi sebagian besar mencerminkan pelemahan ekonomi.