Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Jepang Naik, Dorong BOJ Pertimbangan Kenaikan Suku Bunga

News
21 June 2024 08:10

Bank of Japan (BoJ) (Dok: Bloomberg)
Bank of Japan (BoJ) (Dok: Bloomberg)

Erica Yokoyama - Bloomberg News

Bloomberg, Inflasi Jepang meningkat setelah pemerintah menaikkan pungutan terkait energi terbarukan. Hal ini mendukung argumen agar bank sentral mempertimbangkan kenaikan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

Kementerian Dalam Negeri pada Jumat (21/06/2024) mengatakan harga konsumen tidak termasuk makanan segar naik 2,5% pada Mei dibandingkan tahun lalu, lebih cepat dari 2,2% pada April. Angka tersebut sedikit di bawah konsensus para ekonom, namun tetap berada pada atau di atas target bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ) sebesar 2% selama 26 bulan berturut-turut.

Hasil secara nasional ini kira-kira sejalan dengan angka pada Mei untuk Tokyo yang dirilis tiga minggu lalu.

Indikator utama kembali meningkat setelah dua bulan mengalami penurunan, memberikan alasan bagi bank sentral untuk mempertimbangkan kenaikan suku bunga paling cepat bulan depan, ketika BOJ mengatakan akan memberikan rincian tentang rencana pengurangan pembelian obligasi. Ketika ditanya minggu lalu apakah pihak berwenang dapat menaikkan suku bunga pada pertemuan yang sama, Gubernur Kazuo Ueda menjawab "tentu saja," selama data menjamin langkah tersebut.

Pergerakan inflasi Jepang. (Sumber: Bloomberg)