Logo Bloomberg Technoz

Putin Tegaskan Tak Tutup Kemungkinan Pasok Senjata ke Korut

News
21 June 2024 07:20

Vladimir Putin dan Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)
Vladimir Putin dan Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dia tak bisa mengesampingkan kemungkinan memberikan senjata presisi tinggi kepada pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un. Pernyataan tersebut diberikan sebagai respons atas bantuan militer yang diberikan negara-negara Barat terhadap Ukraina.

"Kami berhak memasok senjata ke wilayah lain di dunia," kata Putin pada Kamis (20/06/2024) malam dalam jumpa pers di Hanoi. "Mengingat perjanjian kami dengan Republik Demokratik Rakyat Korea (Democratic People’s Republic of Korea/DPRK), saya tidak bisa mengesampingkan hal ini."

Kedua pemimpin menandatangani kesepakatan pada Rabu untuk memberikan bantuan militer segera jika salah satu dari mereka diserang. Mereka menghidupkan kembali perjanjian sejak Perang Dingin ketika Uni Soviet menjadi pendukung utama Pyongyang. Kim mengatakan bahwa perjanjian tersebut meningkatkan hubungan dengan Rusia menjadi sebuah aliansi.

Pakta yang disebut Perjanjian Kemitraan Strategis Komprehensif ini juga menyatakan bahwa Rusia dan Korea Utara akan bekerja sama untuk memperkuat kemampuan pertahanan mereka, sambil memperluas kerja sama dalam perdagangan dan investasi.