Logo Bloomberg Technoz

The Fed Masih Butuh Kejelasan Arah Inflasi Sebelum Pangkas Bunga

News
21 June 2024 06:50

Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond Thomas Barkin. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond Thomas Barkin. (Dok: Bloomberg)

Craig Torres - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank Federal Reserve Richmond, Thomas Barkin, menyatakan ia membutuhkan kejelasan lebih lanjut tentang arah inflasi sebelum menurunkan suku bunga.

"Pandangan pribadi saya adalah mari kita lebih yakin sebelum mengambil tindakan," kata Barkin kepada wartawan pada Kamis (20/06/2024) setelah sebuah acara di Richmond. Barkin menegaskan kembali bahwa ia membutuhkan kemajuan yang berkelanjutan dan meluas menuju target inflasi bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) sebesar 2% sebelum menyesuaikan biaya pinjaman lebih rendah.

Barkin, yang merupakan anggota yang ikut melakukan pemungutan suara di Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) tahun ini, mengatakan kebijakan saat ini berada pada posisi yang baik. Dia menambahkan bahwa bank sentral memiliki kekuatan yang diperlukan untuk menjinakkan inflasi.

Ketika ditanya apakah The Fed bisa melakukan satu kali penurunan suku bunga dan bertahan pada level itu, Barkin mengatakan itu tergantung pada kondisi ekonomi. Jika kondisi saat ini bertahan, dia mengatakan ini mungkin bukan waktu terbaik untuk memberikan panduan tentang waktu penyesuaian kebijakan selanjutnya.