Logo Bloomberg Technoz

Thailand Berencana Gabung ke BRICS & OECD

Redaksi
21 June 2024 05:40

Thailand. (Sumber: Bloomberg)
Thailand. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Thailand mengatakan bahwa negaranya berharap untuk menjadi anggota kelompok negara-negara berkembang BRICS pada pertemuan puncak organisasi ini di Rusia pada Oktober mendatang. 

Negara Asia Tenggara ini telah mengajukan permohonan resmi untuk bergabung dalam pertemuan tingkat menteri BRICS seminggu yang lalu. Demikian disampaikan juru bicara kementerian luar negeri Nikorndej Balankura.

"Kami berharap untuk menerima umpan balik positif dan diterima sebagai anggota BRICS segera setelah pertemuan puncak berikutnya yang akan diadakan di Rusia," katanya, seperti dilansir Reuters, Jumat (21/6/2024).

Asal tahu saja, kelompok BRICS pada awalnya terdiri dari Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan. Akronim BRICS diambil dari nama-nama negara tersebut.

Tahun lalu kelompok ini mulai memperluas keanggotaannya, untuk menantang tatanan dunia yang didominasi oleh Barat, dengan bergabungnya Arab Saudi, Iran, Ethiopia, Mesir, Argentina, dan Uni Emirat Arab, serta lebih dari 40 negara yang telah menyatakan ketertarikannya.