Logo Bloomberg Technoz

Cegah Pelecehan Seksual, Garuda Hapus Pramugari dari Materi Iklan

Pramesti Regita Cindy
20 June 2024 19:25

Pesawat Garuda Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pesawat Garuda Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Garuda Indonesia (GIAA) mengeluarkan kebijakan baru yang diterapkan untuk mengurangi tindak pelecehan seksual atau sexual harassment pada layanan penerbangan. Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra mengatakan, telah menghapus foto dan konten pramugari dari seluruh konten iklan dan promosi maskapai penerbangan tersebut.

"Kita sekarang tidak lagi ngeluarin iklan khusus informasi mengenai pramugari. Jadi enggak ada lagi iklan kita ada foto-foto pramugari, karena hanya dua industri di dunia ini yang menampilkan perempuan yang pertama Airlines, yang kedua panti pijat," ungkap Irfan dalam paparan Forum diskusi Apjapi di Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Menurut dia, pelecehan seksual masih menjadi masalah pada industri penerbangan. Hal ini juga masih terus dialami maskapai dan pegawai Garuda Indonesia (GIAA). 

Irfan mengatakan, kerap merasa geram saat mendapat informasi adanya pelecehan seksual terhadap anak buahnya, terutama para pramugari. Menurut dia masih sering terjadi pelecehan mulai dari menepuk bagian bokong hingga membuat suara siulan.

"Sexual harassment dan lain-lain. Becanda di siul-siul segala macam. It will never stop kalau kita tidak mulai juga menghentikan itu," kata dia.