Logo Bloomberg Technoz

Penolakan terhadap Kaesang, menurut Firman, akan muncul pada cukup banyak pemilih di DKI Jakarta yang cukup rasional dalam memilih pemimpin. Pola penghimpunan suara serupa serangan fajar atau bantuan hanya akan berhasil pada wilayah miskin. Itu pun beberapa adalah pemilih yang berseberangan dengan Jokowi karena dulunya kerap melakukan penggusuran saat menjadi gubernur.

Pilkada DKI Jakarta diprediksi akan menjadi pertarungan dua tokoh yaitu Anies Baswedan dan Ridwan Kamil. Keduanya harus mencari sosok cawagub yang tepat untuk mampu mendongkrak atau menambah pundi suara.

PKS sebagai pemenang Pileg wilayah Jakarta pun mantap ingin jatah cawagub. Mereka kemungkinan akan sulit mendapatkan jatah tersebut jika bergabung dengan Anies karena basis suara atau pemilihnya sangat beririsan. Selain itu, koalisi ini kemungkinan berisi PDIP yang juga ngotot ingin mengusung kadernya sebagai cagub atau cawagub.

Potensi lebih besar ketika mengusung Ridwan Kamil. Hal ini berarti akan memupuskan potensi Kaesang yang beberapa kali dimunculkan koalisi pengusung Ridwan Kamil. PSI sendiri adalah bagian dari koalisi Prabowo-Gibran yang bisa saja bergabung kembali dan sepakat dengan keputusan 4 partai utama koalisi Indonesia Maju, pengusung Ridwan Kamil.

(mfd/frg)

No more pages