Logo Bloomberg Technoz

Pengamat Nilai Kaesang Tak Masuk Bursa Cawagub Jakarta

Mis Fransiska Dewi
20 June 2024 20:40

Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep dan menantu Presiden Joko Widodo (Dok: Instagram/@Erinagudono)
Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep dan menantu Presiden Joko Widodo (Dok: Instagram/@Erinagudono)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Firman Noor menilai putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep tak akan menjadi bakal calon wakil gubernur (cawagub di Pilkada DKI Jakarta. Menurut dia, partai politik akan sangat hati-hati karena sosok Kaesang dinilai rentan mengalami penolakan pada pemilih di wilayah ibu kota.

“Kaesang ini kan gampang sekali di negatif campaingkan ya. Orang baru kemarin sore masuk partai langsung ketua umum. Itu bisa lah digoreng,” kata Firman saat dihubungi, Kamis (20/6/2024). 

Selain minimnya pengalaman politik, menurut dia, tingkat elektabilitas ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut cukup rendah dibandingkan nama-nama yang muncul pada bursa cagub dan cawagub DKI jakarta.

Firman juga menilai, majunya Kaesang sebagai cawagub justru memperkuat isu nepotisme dan dinasti politik. Menurut dia, banyak warga Jakarta akan menyoal putusan janggal Mahkamah Agung yang merevisi pasal batas usia PKPU nomor 9 tahun 2020 tentang Pilkada. Putusan tersebut dituduh menjadi karpet merah bagi Kaesang untuk maju pada pilkada tingkat provinsi.

“Nah, ini tinggal memang fair atau tidak aja sih menurut saya di pemilu Kaesang ini,” ujar dia.