Logo Bloomberg Technoz

Golkar Akui Ridwan Kamil Kalah Pamor dari Anies di Jakarta

Mis Fransiska Dewi
20 June 2024 20:10

Ilustrasi Artikel Anies dan Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Artikel Anies dan Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Golkar menilai mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki elektabilitas yang lebih rendah dari Anies Baswedan di DKI Jakarta. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan partai berlambang pohon beringin tersebut belum memastikan kadernya tersebut maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, berdasarkan survei internal, elektabilitas Ridwan Kamil sangat tinggi sebagai calon gubernur (cagub) di Pilkada Jawa Barat. Bahkan, mantan wali kota Bandung tersebut dipastikan kembali menang jika masuk ke kontestasi politik Jawa Barat.

Meski demikian, dia menilai, elektabilitas Ridwan Kamil masih bisa terus bertambah di DKI Jakarta. Toh, politikus dengan sapaan kang Emil tersebut memang belum memiliki banyak catatan kiprah di Jakarta.

“Nah makanya kami sampai sekarang ini belum memutuskan apa-apa. Waktunya masih cukup. Makanya kesepakatan antara Pak Airlangga dengan pimpinan partai KIM yang lain, kita tunggu sampai bulan akhir Juli atau awal Agustus,” kata Doli di Kompleks DPR, Kamis (20/6/2024).

Sejak awal, menurut dia, Partai Golkar memiliki keyakinan Ridwan Kamil mampu berkompetisi dan menang pada Pilkada DKI Jakarta. Hal ini juga yang menjadi dasar partai memberikan dua surat tugas ke Ridwan yaitu Pilkada Jawa Barat dan Pilkada DKI Jakarta.