Logo Bloomberg Technoz

Dico-Raffi Ahmad Batal, Ini Pilihan Golkar di Pilkada Jateng

Mis Fransiska Dewi
20 June 2024 19:10

Ahmad Doli Kurnia, Wakil Ketua Umum Partai Golkar di Kompleks DPR. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)
Ahmad Doli Kurnia, Wakil Ketua Umum Partai Golkar di Kompleks DPR. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Golkar memberikan tanda batal mengusung duet Bupati Kendal Dico Ganinduto dan artis Raffi Ahmad sebagai pasangan calon pada Pilkada Jawa Tengah 2024. Partai berlambang pohon beringin tersebut kini tengah berfokus untuk mengusung Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi pada kontestasi politik tersebut..

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengklaim, partainya mencermati perkembangan wacana Dico-Raffi Ahmad dalam dua bulan terakhir. Akan tetapi, wacara tersebut nampaknya tak terlalu berhasil untuk memberikan keyakinan untuk memenangkan Pilkada Jawa Tengah.

Partai Golkar kemudian menjatuhkan pilihan kepada Ahmad Luthfi yang dimunculkan sejumlah pimpinan partai politik anggota koalisi Indonesia maju, pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024.

“Pembicaraan di tingkat pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Maju muncul nama pak Lutfi. Kemudian, pak Lutfi kami masukkan sebagai prioritas pertama untuk kami monitor namanya,” kata Doli di Kompleks DPR, Kamis (20/6/2024).

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memang muncul sebagai sosok kuat pada Kontestasi Politik di provinsi yang kerap disebut sebagai salah satu kandang PDIP. Koalisi Prabowo akan mengusung Luthfi untuk mengakhiri penguasaan PDIP di wilayah tersebut. PDIP sendiri belum memunculkan nama kuat untuk Pilkada Jawa Tengah.