Logo Bloomberg Technoz

Jensen Huang adalah aktor di balik kesuksesan Nvidia, perusahaan yang awalnya fokus pada pengembangan cip grafis bidang game. Nvidia berdiri tahun 1993 dengan jejak IPO terjadi enam tahun setelahnya.

Saham Nvidia hari ini telah meraih keuntungan sebesar 591,078% sejak penawaran saham perdananya, termasuk dividen yang diinvestasikan kembali.  Antara debutnya dan saat masuk ke dalam S&P 500, saham NVDA naik lebih dari 1.600%, memberikan nilai pasar sekitar US$8 miliar.

Awal Mei Nvidia melampaui Apple berdasarkan nilai pasar untuk pertama kalinya sejak 2002, dan keduanya saling bersaing dalam peringkat beberapa hari terakhir. Minggu lalu, Apple juga berhasil mengungguli Microsoft untuk sementara waktu.

Michael Lippert, wakil presiden dan manajer portofolio di Baron Capital Inc, dalam sebuah wawancara, menegaskan bahwa Nvidia telah berganti wujud—tidak sekadar menjual cip semikonduktor namun menawarkan sebuah sistem.

Kenaikan cepat Nvidia menuju puncak telah mencatat rekor, karena perusahaan ini merupakan salah satu dari sedikit yang telah menunjukkan pertumbuhan pendapatan yang signifikan dari AI. Saham Nvidia telah naik lebih dari 170% sejak Januari dan menambahkan kapitalisasi pasar lebih dari US$2 triliun. Kini kapitalisasi pasar Nvidia berada di ksiaran US$3,34 triliun (sekitar Rp53.440 triliun).

(wep)

No more pages