Logo Bloomberg Technoz

Kerusakan tersebut terjadi saat Ukraina berhasil menjatuhkan 27 pesawat tak berawak Shahed yang sarat bahan peledak dan lima dari sembilan rudal yang diluncurkan oleh Rusia dalam semalam, komandan Angkatan Udara Mykola Oleshchuk melaporkan.

Pertahanan udara Ukraina gagal mencegat rudal balistik Iskander-M yang ditembakkan dari wilayah Voronezh, Rusia. Ini menunjukkan adanya kerentanan terhadap jenis senjata ini karena sistem pertahanan udara canggih yang disumbangkan oleh sekutu-sekutu barat Kyiv terlalu sedikit untuk menjangkau seluruh wilayah negara itu.

Pengeboman tanpa henti yang dilakukan Rusia terhadap sistem listrik Ukraina tahun ini telah menyebabkan pemadaman bergilir dan membuat pihak berwenang berpacu dengan waktu untuk memperbaiki infrastruktur sebelum musim dingin, ketika permintaan listrik paling tinggi.

Presiden Putin sejauh ini tidak menunjukkan niat untuk terlibat dalam rencana perdamaian Ukraina. Ia malah menandatangani sebuah perjanjian mengenai bantuan militer dengan Korea Utara dan melakukan tur ke Vietnam sebagai bentuk penolakan terhadap kritik AS.

Rusia mengatakan bahwa militer Ukraina juga melancarkan serangan pesawat tak berawak semalam terhadap wilayahnya. Kementerian pertahanan di Moskow melaporkan sembilan pesawat tak berawak dijatuhkan di atas wilayah Adygeya dan Krasnodar di bagian selatan.

Seorang wanita tewas ketika sebuah pesawat tak berawak jatuh menimpa sebuah rumah di Slavyansk-na-Kubani, sebuah kota di wilayah Krasnodar, kata gubernur setempat melalui Telegram. Satu drone juga jatuh di wilayah Belgorod, Rostov, dan Oryol, kata kementerian tersebut.

Serangan drone tersebut menyebabkan kebakaran di sebuah depot bahan bakar di Adygeya, kata gubernur setempat Murat Kumpilov di Telegram. Gubernur Tambov, Maksim Yegorov, mengatakan bahwa sebuah serangan pesawat tak berawak yang diduga merupakan serangan pesawat tak berawak menyebabkan sebuah penampungan bahan bakar di wilayah tersebut terbakar. Ukraina belum membuat pernyataan publik tentang apakah mereka meluncurkan serangan tersebut.

(bbn)

No more pages