Logo Bloomberg Technoz

Kecerdasan Buatan (AI) Jadi Fokus Utama Investor, Apa Dampaknya?

Redaksi
20 June 2024 17:40

Ilustrasi teknologi canggih. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi teknologi canggih. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) menjadi fokus utama banyak investor, termasuk beberapa pemodal besar yang memang sejak lama fokus pada pengembangan teknologi masa depan. Publik juga makin yakin bahwa dengan teknologi AI banyak pekerjaan akan diotomasi.

SoftBank Group Corp telah menyatakan menaruh pertaruhan besar di bidang AI meski sebagian pihak mengaku terdapat risiko kegagalan. Namun Pendiri SoftBank Masayoshi Son, menyatakan langkah perusahaan adalah tetap mencari calon–calon inovasi teknologi terbaru.

“Kita perlu mencari langkah besar berikutnya, tanpa takut apakah itu akan berhasil atau gagal,” jelas Son dilansir dari Bloomberg News, dimana SoftBank cukup serius dalam pengembangan salah satu unit cip AI paling berpengaruh saat ini, Arm Holdings Plc, serta investasi seputar kecerdasan buatan lain.

Chairman dan CEO SoftBank Masayoshi Son. (Dok: Bloomberg)

SoftBank sebelumnya juga mencanangkan keterlibatan secara teknis di bidang AI, dengan menghadirkan perangkat hardware cip semikonduktor, mirip seperti yang Nvidia lakukan hari ini. Proyek ini diberi kode Izanagi, sesuai dengan nama dewa penciptaan dan kehidupan Jepang dengan kesiapan dana investasi sekitar US$100 miliar.

Booming AI terjadi makin membesar dengan awal kehadiran OpenAI. Lewat pengembangan model bahasa besar (LLM) dengan bantuan cip performa tinggi semua mata kini tertuju pada AI generatif.