Logo Bloomberg Technoz

Eselon I Bappenas Jadi Penerima Bansos, Bukti Data Tak Akurat

Azura Yumna Ramadani Purnama
20 June 2024 15:50

Presiden Jokowi membagikan bansos pangan tahap kedua di gedung Bulog Dramaga, Bogor, Senin (11/9/2023).
Presiden Jokowi membagikan bansos pangan tahap kedua di gedung Bulog Dramaga, Bogor, Senin (11/9/2023).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pembangunan dan Perencanaan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa bercerita bahwa terdapat pegawai Eselon I di kementeriannya yang menerima bantuan sosial (bansos). Hal ini menunjukkan bahwa data sosial ekonomi masyarakat belum akurat, sehingga membutuhkan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek).

“Eselon I di Bappenas itu bisa menerima bansos, aneh kan. Pak Sekjen Kemenkeu (Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan) ketawa kan, dan sampai sekarang dia masih terima,” kata Suharso dalam peluncuran Registrasi Sosial Ekonomi, Kamis (20/6/2024).

Suharso mengatakan, bawahannya tersebut telah menerima bansos dari pemerintah sejak beberapa waktu lalu. Pada akhirnya bawahannya tersebut memberikan bansos yang diterima kepada pihak yang lebih membutuhkan.

Dengan begitu, menurutnya masih terdapat ketidaksesuaian data penerima manfaat bansos dengan kondisi riil yang ada di masyarakat.

Suharso mengklaim bahwa peluncuran data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dapat mengatasi permasalahan ketidaksesuaian data sosial ekonomi yang saat ini tersebar di berbagai Kementerian/Lembaga (K/L).