Logo Bloomberg Technoz

Kuliah di Kanada Akan Diperketat, Bisa Kurangi Pelajar Asing

News
20 June 2024 16:30

Kampus Sheridan di Ontario, Kanada. (Sumber: Laura Proctor/Bloomberg)
Kampus Sheridan di Ontario, Kanada. (Sumber: Laura Proctor/Bloomberg)

Randy Thanthong-Knight - Bloomberg News

Bloomberg, Perombakan pada program mahasiswa asing di Kanada diprediksi dapat mengurangi setengah jumlah izin belajar internasional yang disetujui tahun ini. Hal tersebut diungkap analisis sebuah perusahaan perekrutan pendidikan.

Applyboard dalam sebuah laporan yang mengutip data dari Imigrasi, Pengungsi, dan Kewarganegaraan Kanada, Rabu (19/6) mengatakan jika jumlah aplikasi dan tingkat persetujuan yang terlihat dalam empat bulan pertama tahun ini tetap konstan sepanjang tahun 2024, jumlah izin belajar yang disetujui dapat turun menjadi 229.000. Hal ini adalah penurunan sebesar 48% dari 436.678 izin yang disetujui tahun lalu.

Ini adalah tanda awal bahwa batasan Perdana Menteri Justin Trudeau pada visa mahasiswa internasional akan sangat membatasi pertumbuhan eksplosif imigrasi sementara, yang telah menjadi kekuatan pendorong utama di balik peningkatan populasi yang cepat pasca pandemi serta memburuknya kekurangan perumahan.

Diagram perizinan mahasiswa asing di Kanada. (Sumber: Immigration, Refugees and Citizenship Canada, ApplyBoard)

Pemerintahan Trudeau mengumumkan pada akhir Januari bahwa mereka berniat untuk mengurangi jumlah izin belajar tahun ini sebesar 35% dari tahun 2023, dengan pembatasan baru yang ditargetkan pada subsektor dalam industri pendidikan tinggi yang pada dasarnya telah menjual kursus sebagai jalur imigrasi bagi siswa — banyak di antaranya berasal dari India.