Logo Bloomberg Technoz

Berdasarkan data Bloomberg, kenaikan harga saham Nvidia sejalan dengan tren Bullish harga saham secara keseluruhan di mana sepanjang 2024 (Year to Date/YtD) terbang mencapai 173,78%, dan secara satu bulan saham Nvidia menguat 23,76%

Awal bulan ini, Nvidia berhasil mengungguli Apple berdasarkan nilai pasar untuk pertama kalinya sejak 2002, dan keduanya saling bersaing baru-baru ini. Minggu lalu, Apple juga berhasil memenangi Microsoft untuk sementara waktu.

Pergerakan Saham NVIDIA secara Year to Date (Bloomberg)

Sebagai pemegang saham, kenaikan harga Nvidia yang melonjak telah membuat salah satu pendiri, Chief Executive Officer, juga pemegang saham 3,53% dari total saham, yaitu Jensen Huang, menjadi salah satu orang terkaya di dunia. 

Kekayaannya melonjak nyaris US$75 miliar sejak awal tahun menjadi US$119 miliar, mendaulatnya di peringkat ke-12 dalam Indeks Bloomberg Billionaires. Ini merupakan kenaikan terbesar di antara rekan-rekan miliardernya.

Berikut ini tata cara bila Anda, sebagai Warga Negara Indonesia berniat membeli dan berinvestasi saham Nvidia dan saham-saham di Wall Street lainnya;

Registrasi

Anda dapat membeli saham Nvidia melalui registrasi ke pialang, yaitu Perusahaan penghubung antara investor dengan emiten di pasar modal dalam hal jual-beli investasi saham.

Seperti halnya, aplikasi Pluang, Pluang telah menjalankan kerja sama dengan Perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia untuk memberikan akses terhadap instrumen investasi melalui berbagai pilihan platform dan aplikasi.

Kemudian, calon investor juga bisa melakukan registrasi di aplikasi Gotrade, Gotrade adalah aplikasi finansial yang dapat dengan mudah membeli saham AS. Juga aplikasi pialang saham-saham AS lainnya yang sudah terdaftar di Indonesia.

Setelah registrasi berhasil sesuai ketentuan. Tambahkan sejumlah dana ke akun pialang resmi tersebut.

Pembelian Saham

Calon investor melakukan pencarian dalam aplikasi pialang menggunakan simbol NVDA tentukan berapa banyak unit saham yang ingin dibeli, dan kirimkan pesanan, atau pilih Buy/ Beli saham Nvidia.

Sebagai catatan penting, Anda tidak dapat membeli saham Nvidia langsung dari Perusahaan Nvidia, atau dari website mereka, www.nvidia.com.

Pastikan Anda melakukan penelitian mendalam dan menyeluruh tentang Perusahaan Nvidia yang Anda pertimbangkan untuk diinvestasikan agar mendapatkan kenyamanan dalam investasi yang sempurna.

Cermati juga, saham adalah investasi jangka panjang. Sebaiknya tentukan di awal rencanakan matang-matang tujuan keuangan dan investasi Anda sebelum mempertimbangkan untuk membeli saham NVDA. 

Berhasil Berinvestasi

Dalam berinvestasi, ada istilah Anda tidak diperkenankan untuk menaruh semua telur dalam satu keranjang. Memiliki portofolio investasi yang beragam alangkah lebih baiknya.

Jika satu investasi saham turun, kerugian tersebut bisa diimbangi dengan jenis investasi saham lain yang merangkak naik.

Dengan demikian, mayoritas saham yang Anda miliki termasuk dalam saham-saham teknologi, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam saham-saham lain yang berbeda untuk mengurangi risiko kerugian besar jika sektor teknologi mengalami penurunan.

Penting juga untuk review kinerja investasi, terutama di saham Nvidia secara berkala, baik itu bulanan, kuartalan, kuartalan, atau tahunan.

(fad/aji)

No more pages