Logo Bloomberg Technoz

Wisnus saat Musim Liburan Sekolah Diprediksi Naik hingga 20%

Dinda Decembria
20 June 2024 11:20

Ilustrasi liburan keluarga di Hotel. (Envato/DragonImages)
Ilustrasi liburan keluarga di Hotel. (Envato/DragonImages)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memprediksi pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) pada musim liburan sekolah yang berlangsung pada Juni-Juli 2024 akan naik.

"Libur sekolah diprediksi kunjungan akan terjadi peningkatan 10%-20%, dibanding hari-hari biasa, "kata Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya dalam acara virtual With Brief Sandi Uno.

Selain itu, kata Nia perlu adanya persiapan dari sisi pelaku industri dan pengelola destinasi wisata. Nia menegaskan hal itu perlu mendapat perhatian karena bermaksud agar terhindar dari kejadian penumpukan di satu tempat dalam kurun waktu yang sama pada saat berwisata.

Ia juga berpesan kepada pihak pengelola dapat mengatasi hal itu dengan baik sehingga bisa memberikan pengalaman terbaik bagi para pengunjung karena bisnis ialah sebuah persepsi.

"Kalau tidak pengalaman bagus malah akan menjadi malapetaka. Karena orang akan berbagi pengalamannya yang tidak enak dan bisa tidak akan kembali," ujar Nia.