Logo Bloomberg Technoz

Putin & Kim Jong Un Sepakat Beri Bantuan Militer Jika Diserang

News
20 June 2024 12:00

Kim Jong Un dan Vladimir Putin (Sumber: Bloomberg)
Kim Jong Un dan Vladimir Putin (Sumber: Bloomberg)

Soo-Hyang Choi - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un sepakat memberikan bantuan militer segera jika salah satu dari mereka diserang. Kedua pihak menghidupkan kembali perjanjian yang berasal dari era Perang Dingin, dalam langkah yang kemungkinan akan mengganggu AS dan mitra-mitranya.

Kedua pemimpin menandatangani perjanjian tersebut pada Rabu (19/06/2024) selama kunjungan pertama Putin ke Korea Utara dalam 24 tahun. Kim Jong Un menyebut pakta tersebut sebagai "perjanjian terkuat" yang pernah ditandatangani antara kedua negara dan meningkatkan hubungan mereka menjadi aliansi.

"Jika salah satu pihak diserang oleh kekuatan bersenjata oleh suatu negara atau beberapa negara dan menghadapi perang, pihak lainnya harus tanpa penundaan dan sesuai dengan Pasal 51 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta hukum Korea Utara dan Rusia, memberikan bantuan militer dan bantuan lainnya dengan semua cara yang dimilikinya," demikian isi perjanjian tersebut, menurut teks yang diterbitkan pada Kamis (20/06/2024) oleh Kantor Berita Pusat Korea.

Pertemuan Presiden Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Fotografer: Andrey Rudakov/Bloomberg

Setelah upacara penandatanganan, Kim Jong Un mengatakan perjanjian tersebut untuk tujuan defensif tetapi meningkatkan risiko bagi AS dan mitra-mitranya dalam menanggapi provokasi dari Moskow dan Pyongyang, serta merupakan simbol dari perlawanan mereka terhadap kekuatan Barat.