Logo Bloomberg Technoz

Lepas Surat Utang RI, Asing Getol Alihkan Duit ke India & Korea

Ruisa Khoiriyah
20 June 2024 10:40

Ilustrasi Bursa Saham (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Bursa Saham (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para investor asing semakin getol mengalihkan dana dari pasar surat utang dan domestik Indonesia, menyerbu aset-aset di pasar emerging market Asia lain seperti India, Thailand, Taiwan juga Korea Selatan.

Di kala rupiah terjatuh menjebol level psikologis terlemah sejak April 2020 pada Jumat pekan lalu (14/6/2024), investor asing mencatat posisi jual bersih (net sell) surat utang negara sebesar US$63,5 juta atau sekitar Rp1,04 triliun.

Pada saat yang sama, pemodal global juga menjual saham sebesar US$44,4 juta. Tekanan jual di pasar saham berlanjut ketika pasar kembali buka pada Rabu kemarin (19/6/2024), di mana asing tercatat menjual US$43,4 juta saham.

Dana yang keluar masif dari pasar domestik itu bergerak menuju pasar emerging market lain di Asia. Mengacu pada data yang dikompilasi oleh Bloomberg, pemodal global menyerbu surat utang dan saham di India.

Diagram pasar saham India. (Sumber: Bloomberg)

Pada 18 Juni, pemodal asing memborong surat utang pemerintah India senilai US$264,5 juta, menggenapi reli empat hari pembelian bersih oleh asing di negeri Bollywood itu. Pada hari yang sama, asing juga memborong US$188,8 juta saham, memperpanjang reli net buy di bursa setempat untuk hari ketujuh berturut-turut.