Logo Bloomberg Technoz

ETF Bitcoin Perdana Terdaftar di Bursa Utama Australia

News
20 June 2024 09:40

Bitcoin.
Bitcoin.

Sunil Jagtiani - Bloomberg News

Bloomberg, Sebuah exchange-traded fund (ETF) yang berinvestasi pada Bitcoin terdaftar untuk pertama kalinya di bursa saham utama Australia, yang menambah banyaknya peluncuran serupa tahun ini di AS dan Hong Kong.

ETF VanEck Bitcoin memulai debutnya pada Kamis (20/06/2024) di bursa yang dioperasikan oleh ASX Ltd dengan investasi awal sekitar A$985.000. Produk ini adalah dana pengumpan (feeder fund) untuk VanEck Bitcoin Trust senilai US$647 juta di AS.

ETF Bitcoin AS mulai beroperasi pada bulan Januari dan menarik perhatian besar di Wall Street, mengumpulkan aset senilai US$56 miliar hingga saat ini. Hong Kong mengizinkan ETF spot untuk Bitcoin dan Ether pada bulan April, yang hanya menarik sebagian kecil dari minat investor dibandingkan dengan ETF di AS.

BetaShares Holdings Pty yang berbasis di Sydney dan DigitalX Ltd, perusahaan lokal lainnya, juga tengah bersiap untuk melancarkan ETF mereka di papan utama Australia. Juru bicara ASX mengatakan VanEck adalah satu-satunya pelamar yang sejauh ini mendapat lampu hijau, dan keterlibatan dengan emiten lainnya sedang berlangsung.