Logo Bloomberg Technoz

Dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), bakteri pemakan daging (STSS) adalah infeksi bakteri yang disebabkan disebabkan oleh bakteri Streptococcus kelompok A.

Ini terjadi ketika bakteri ini masuk ke jaringan dalam dan aliran darah, melepaskan racun yang menyebabkan respons tubuh yang cepat dan berbahaya. Meskipun jarang bagi manusia dengan STSS menularkan ke manusia lain.

Gejala yang ditimbulkan

Bakteri pemakan daging (STSS) dimulai dengan gejala awal seperti demam, menggigil, nyeri otot, mual, dan muntah. Dalam waktu 24 hingga 48 jam, ini dapat menyebabkan tekanan darah rendah, kegagalan organ, detak jantung cepat, dan pernapasan cepat.

Streptococcus kelompok A (GAS) biasanya menyebabkan radang tenggorokan pada anak-anak. 

Tetapi pada orang dewasa dapat menyebabkan gejala serius seperti nyeri dan pembengkakan pada anggota tubuh, demam, dan tekanan darah rendah. Ini bisa dengan cepat memburuk menjadi kematian jaringan, masalah pernapasan, kegagalan organ, dan kadang-kadang kematian, terutama pada orang berusia di atas 50 tahun.

Perawatan medis dini sangat penting untuk mengobati gejala serius ini dan mencegah komplikasi.

Perawatan

Mengobati STSS melibatkan pemberian antibiotik kuat melalui infus untuk membunuh bakteri. Pasien juga menerima cairan untuk menstabilkan tekanan darah dan membantu organ mereka berfungsi dengan baik.

Pada kasus yang parah, mungkin diperlukan operasi untuk mengangkat jaringan yang terinfeksi dan mencegah masalah lebih lanjut. Penting untuk mendapatkan perawatan dengan cepat untuk meningkatkan peluang pemulihan dan mengurangi risiko komplikasi serius atau kematian akibat STSS.

(spt)

No more pages