Logo Bloomberg Technoz

Menanti Kebijakan BI-Rate, IHSG Berpotensi Mixed

Muhammad Julian Fadli
20 June 2024 08:16

Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melhat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis 20 Juni 2024, berpotensi bergerak mixed, wait and see atas respons pasar terhadap data ekonomi RI terbaru, termasuk kebijakan Bank Indonesia, BI-Rate yang akan diumumkan siang nanti.

Konsensus pasar sejauh ini memprediksi BI-Rate akan kembali ditahan pada level 6,25%, di tengah pergerakan rupiah yang kembali diterpa guncangan hebat dan menggugurkan nilainya ke level terendah sejak April 2020 silam.

Adapun pada perdagangan kemarin pada Rabu 19 Juni, IHSG melemah 7,91 poin (0,12%) dan menutup perdagangan pada level 6.726.

Analisis Teknikal IHSG Kamis 20 Juni 2024 (Riset Bloomberg Technoz)

Secara teknikal IHSG berpotensi bangkit dari support-nya dari area level 6.710–6.700. Jika terus kuat berada di atas support tersebut, pergerakan IHSG akan rebound dengan target penguatan terdekat pada level 6.780–6.800, sebagai resistance potensial. Untuk resistance selanjutnya ada trendline menarik pada level 6.850 yang jadi target dalam time frame daily.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari dalam negeri. Investor menantikan dengan cermat pengumuman BI-Rate oleh Bank Indonesia siang nanti di mana konsensus pasar memperkirakan tingkat bunga masih akan ditahan di 6,25%.